Yataro Iwasaki adalah pendiri Mitsubishi (岩崎 弥太郎 Iwasaki Yatarō, 9 January 1835 – 7 February 1885)
Ia dilahirkan dalam sebuah keluarga petani di provinsi Aki, Provinsi Tosa (sekarang Kochi). Putra dari seorang petani sederhana, Yataro memulai karirnya bekerja pada klan Tosa. Klan diadakan di banyak tempat di Jepang unutk kepentingan bisnis, supaya merangsang anak muda untuk berambisi membangun perekonomian yang baik.
Yataro memulai karirnya bekerja pada klan Tosa, ia pergi ke Edo (kini Tokyo) ketika berusia sembilan belas tahun bertujuan mencari pendidikan. Cedera serius yang dialami ayahnya dalam suatu perselisihan dengan kepala desa membuat Yataro pulang dari Edo setahun kemudian dan sebentar cuti dari studinya. Hakim setempat menolak memproses kasus dari ayahya dan Yataro menuduh hakim korupsi. Ia dikirim ke penjara selama tujuh bulan. Setelah dibebaskan ia tidak memiliki pekerjaan untuk sementara waktu sebelum menemukan pekerjaan sebagai guru sekolah desa. Kembali ke Edo, ia disosialisasikan dengan aktivis politik dan belajar di bawah reformis Yoshida Toyo, yang terpengaruh dengan ide-ide tentang membuka dan mengembangkan perekonomian bangsa melalui industri dan perdagangan luar negeri. Tak lama kemudian, melalui Yoshida, ia mendapatkan pekerjaan sebagai juru tulis bagi pemerintah Tosa. Ia kemudian dipromosikan ke posisi teratas di marga Tosa kantor perdagangan di Nagasaki, yang bertanggung jawab untuk perdagangan minyak kamper dan kertas untuk membeli kapal, senjata, dan amunisi.
Ia dilahirkan dalam sebuah keluarga petani di provinsi Aki, Provinsi Tosa (sekarang Kochi). Putra dari seorang petani sederhana, Yataro memulai karirnya bekerja pada klan Tosa. Klan diadakan di banyak tempat di Jepang unutk kepentingan bisnis, supaya merangsang anak muda untuk berambisi membangun perekonomian yang baik.
Yataro memulai karirnya bekerja pada klan Tosa, ia pergi ke Edo (kini Tokyo) ketika berusia sembilan belas tahun bertujuan mencari pendidikan. Cedera serius yang dialami ayahnya dalam suatu perselisihan dengan kepala desa membuat Yataro pulang dari Edo setahun kemudian dan sebentar cuti dari studinya. Hakim setempat menolak memproses kasus dari ayahya dan Yataro menuduh hakim korupsi. Ia dikirim ke penjara selama tujuh bulan. Setelah dibebaskan ia tidak memiliki pekerjaan untuk sementara waktu sebelum menemukan pekerjaan sebagai guru sekolah desa. Kembali ke Edo, ia disosialisasikan dengan aktivis politik dan belajar di bawah reformis Yoshida Toyo, yang terpengaruh dengan ide-ide tentang membuka dan mengembangkan perekonomian bangsa melalui industri dan perdagangan luar negeri. Tak lama kemudian, melalui Yoshida, ia mendapatkan pekerjaan sebagai juru tulis bagi pemerintah Tosa. Ia kemudian dipromosikan ke posisi teratas di marga Tosa kantor perdagangan di Nagasaki, yang bertanggung jawab untuk perdagangan minyak kamper dan kertas untuk membeli kapal, senjata, dan amunisi.
Setelah Restorasi Meiji tahun 1868 yang memaksa pembubaran dari
kepentingan bisnis shogun, Iwasaki pergi ke Osaka dan menyewakan hak
untuk perdagangan marga TSUKUMO Tosa Trading Company. Perusahaan berubah
nama menjadi Mitsubishi pada tahun 1873.
Perusahaan mengadopsi nama Mitsubishi pada Maret 1870, ketika Yataro
resmi menjadi presiden. Lambang yang merupakan gabungan dari keluarga
Iwasaki Lambang dan daun pohon ek puncak Yamanouchi keluarga, pemimpin
klan Tosa yang menguasai bagian Yataro Shikoku di mana dilahirkan.
Mitsubishi kemudian hampir jatuh ketika Insiden Formosan terjadi. Lima
puluh empat nelayan Jepang tewas di pulau Formosa (Cina) tetapi
pemerintah Cina tidak bertanggung jawab atas hal itu. Perusahaan Yataro
awalnya disalahkan, tetapi kemudian keadaan membaik dan bahkan Yataro
memenangkan hak untuk mengoperasikan kapal-kapal pemerintah diantaranya
kapal transportasi untuk manusia dan material, kemudian perusahaannya
mulai berkembang lagi.
Yataro Iwasaki adalah pribadi yang patuh kepada pemerintah Jepang yang
baru, serta kepada perusahaan. Mitsubishi menyediakan kapal-kapal yang
membawa pasukan Jepang ke Taiwan, dengan persetujuan dia mendapat hak
untuk mengoperasikan kapal lebih banyak dan subsidi tahunan yang besar
dari pemerintah. Dia setuju untuk membawa surat dan persediaan
pemerintah lainnya. Dengan dukungan pemerintah, ia mampu membeli lebih
banyak kapal dan meningkatkan jalur pelayaran Mitsubishi. Yang membantu
dia mengantar dua Pengiriman asing yang besar melalui rute Shanghai,
sehingga menguntungkan Mitsubishi Transportasi Perusahaan yang Yataro
didirikan. Kemudian menjadi perusahaan pelayaran yang besar, juga
membawa pasukan untuk menumpas pemberontakan di Kyushu. Yataro
mengajarkan anak buahnya untuk "melayani para penumpang sebaik mungkin"
karena mereka adalah sumber pendapatan. Sikap modern "pelanggan selalu
benar" adalah senjata utama perusahaannya.
Mitsubishi terdiversifikasi dengan cepat, pertama memperoleh tambahan
dan perluasan kapal penumpang dan kargo, kemudian menyediakan
transportasi untuk pasukan Jepang ke Taiwan dan Kyushu. Hal ini
menyebabkan lebih banyak dukungan pemerintah, yang menyebabkan pasokan
surat kontrak dan hak-hak pengiriman lebih lanjut pada rute Shanghai
yang menguntungkan melalui Mitsubishi Transportasi Perusahaan yang
Yataro didirikan. Kemudian ia berinvestasi di pertambangan, perbaikan
kapal dan keuangan. Pada tahun 1884 ia mengambil sewa dari Nagasaki
Shipyard dan menamainya Nagasaki Shipyard & Machinery Works,
memungkinkan perusahaan untuk melakukan pembuatan kapal pada skala
penuh.
Pada tahun 1885, Yataro kehilangan kendali atas perusahaan pelayaran di
belakang perjuangan politik yang diterjang Jepang industri transportasi
laut. Perusahaan ini bergabung dengan saingan dan menjadi Nippon YUSEN
(NYK Line), yang akan kembali ke jajaran perusahaan Mitsubishi di
tahun-tahun berikutnya.
Meskipun kehilangan perusahaan pelayaran, Yataro mendirikan usaha
lainnya (dalam perbankan, pertambangan, surat kabar dan asuransi laut)
dan yang membentuk dasar bagi organisasi Mitsubishi. Kekayaannya
melebihi satu juta yen. Yataro begitu percaya diri dan dengan yakin
bahwa ia dapat berpartisipasi dalam banyak bisnis. Mitsubishi
Kawase-ten, misalnya, adalah perusahaan financial yang juga terlibat
dalam bisnis pergudangan. Itu adalah pendahulu dari perusahaan yang
sekarang bernama Mitsubishi Bank dan Mitsubishi Warehouse &
Transportation. Yataro juga membeli tambang batu bara dan tambang
tembaga setelah menyewa sebuah galangan kapal Nagasaki dari pemerintah.
Dia telah berpartisipasi dalam mendirikan perusahaan asuransi yang
sekarang benama Tokyo Marine and Fire. Dia bahkan memimpin sekolah yang
sekarang menjadi Tokyo University of Mercantile Marine.
Iwasaki Yataro adalah pengusaha yang sangat visioner. Dia sering menjamu
makan malam pejabat pemerintah di perusahaanya. Iwasaki menghabiskan
sejumlah besar uang pada kesempatan ini tapi ia juga mendapatkan banyak
keuntungan. Yataro banyak menolong teman-temannya yang kemudian membantu
dia dengan melakukan banyak kebaikan. Dia sangat bagus dalam hubungan
membina hubungan bisnis yang akan membantunya di masa depan.
Namun Yataro, tidak ditakdirkan untuk memimpin organisasi Mitsubishi
dalam pertumbuhan fase baru. Dia meninggal karena kanker saat berusia 50
tahun, dan digantikan kepemimpinan bisnis keluarga pertama oleh
saudaranya, dan kemudian putranya.
Presiden Mitsubishi :
Yataro Iwasaki (1835-1885), Pendiri dan Presiden pertama
Yanosuke Iwasaki (1851-1908), Saudara Yataro, Presiden kedua
Hisaya Iwasaki (1865-1955), Putra Yataro, Presiden ketiga
Koyata Iwasaki (1879-1945), Putra Yataro, Presiden keempat
sumber:
http://info-biografi.blogspot.com/2010/03/biografi-yataro-iwasaki-pendiri.html