Powered by Blogger.

Thursday, October 4, 2012

Biografi Lionel Andrés Messi

Lionel Andrés Messi (lahir 24 Juni 1987 di Rosario) adalah seorang pemain sepak bola asal Argentina.Lionel Messi mulai bermain sepakbola pada usia yang sangat muda di kota kelahirannya Newell's Old Boys. Sejak usia 11, ia menderita kekurangan hormon dan orang tua Lionel tidak mampu untuk membayar pengobatan di Argentina yang mencapai 500.000 pounds perbulannya. Untunglah Barcelona segera menangkap potensi hebat Leo Messi dan menawarinya pindah ke Spanyol untuk bergabung bersama klub Katalan ini plus membiayai seluruh biaya terapi., sehingga mereka memutuskan untuk pindah ke Barcelona, Spanyol.

Pada musim 2003-2004, ketika ia masih hanya berumur 16 tahun, Messi memulai debut tim pertamanya. Berikut juga juara musim, Messi membuat penampilan perdananya di pertandingan resmi pada 16 Oktober 2004, dalam derby Barcelona menang melawan Espanyol di Stadion Olimpiade (0-1).

Bakatnya menarik perhatian dunia sewaktu beraksi bersama tim nasional sepak bola Argentina di Piala Dunia Remaja dan Barcelona pada tahun 2005. Pada tahun 2006 dia berhasil membantu Barcelona sebelum mengalami cedera dalam perlawanan perempatfinal menentang Chelsea di Liga Champions. Messi yang mempunyai tubuh yang agak kecil ini sangat lincah di atas lapangan dan kerap membuka ruang kepada rekan-rekannya yang memburu gol. Pada tanggal 1 Mei 2005, ia menjadi pemain termuda yang pernah mencetak gol liga untuk FC Barcelona - melawan Albacete ketika Messi hanya berumur 17 tahun, 10 bulan dan 7 hari.

Ia ditawari kesempatan bermain untuk Tim nasional sepak bola Spanyol, namun menolak, lebih memilih untuk menunggu kesempatan bermain untuk negara kelahirannya. Pada bulan Juni 2004 ia mendapatkan kesempatan, bermain di U-20 pertandingan persahabatan melawan Paraguay.

Lionel Messi pada Juni 2005 ia membintangi untuk tim Argentina U-20 yang memenangkan Piala Dunia Youth Championship dimainkan di Belanda. Messi mendapatkan Sepatu Emas sebagai pencetak gol terbanyak dengan 6 gol, dan Golden Ball untuk pemain terbaik turnamen. Walaupun muda, Lionel Messi sudah disejajarkan dengan Diego Maradona, pemain sepakbola terbaik sepanjang masa.

Pada 25 September 2005. Messi mendapatkan kewarganegaraan Spanyol dan akhirnya mampu membuat debutnya di Spanyol di Divisi Utama. Dia sebelumnya tidak bisa bermain karena FC Barcelona telah mengisi semua kuota pemain non-Uni Eropa mereka.

Lawatan pertama Messi dalam Liga Champion di Nou Camp adalah pada 28 September 2005 melawan klub Italia Udinese. Pada bulan Desember tahun itu, harian Italia Tuttosport menuliskan kepadanya dengan 2005 Golden Boy judul, sebagai pemain yang terbaik di bawah-21 pemain Eropa, lebih dari Wayne Rooney dan Lukas Podolski.Pada bulan September 2005, Messi pemian sepak bola yang memiliki tinggi badan 169 cm dan berat badan 69 kg ini kontraknya diperpanjang untuk bermain di Barcelona hingga 2014.
Comments
0 Comments

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berikan Komentar Para Pembaca/ Berikan Kritik dan Saran